Berita Penerbangan (Kecelakaan Pesawat Pakistan)


Korban Tewas Kecelakaan Pesawat Pakistan 152 Orang

Bangkai pesawat Airblue jenis Airbus A 321 di Islamabad, Pakistan.  

28/07/2010 23:33
Liputan6.com, Islamabad: Pesawat Airblue jenis Airbus A 321 jatuh di daerah perbukitan bagian utara Islamabad, ibu kota Pakistan, Rabu (28/7). Akibatnya, 152 orang yang terdiri dari penumpang dan awak pesawat tewas.

Pesawat Airblue seharusnya terbang dari Kota Karachi menuju Islamabad. Namun, begitu melintas di Perbukitan Margala Hills, pesawat jatuh hingga berkeping-keping.

Saksi mata melaporkan, pesawat terbang sangat rendah di kawasan zona larangan terbang karena berdekatan dengan kantor presiden dan gedung parlemen. Pesawat dilaporkan hilang kontak dengan menara kendali beberapa menit menjelang mendarat.

Menteri Dalam Negeri Pakistan sempat menyebut ada lima korban selamat yang ditemukan dan dibawa ke rumah sakit. Namun, pejabat lokal di lokasi kejadian menyebut tak ada seorang pun yang selamat. Sebanyak 146 penumpang dan enam awak pesawat tewas.

Pihak terkait masih menyelidiki penyebab kecelakaan. Kuat dugaan faktor cuaca menjadi penyebab karena Islamabad diselimuti cuaca buruk.(ULF)




Comment :
 
Menurut saya, sangat disayangkan sekali kecelakaan yang terjadi di Pakistan yang sudah memakan korban 152 orang. Dan penyebab kecelakaannya pun masih belum diketahui, hanya di perkirakan karena factor cuaca. kecelakan pesawat tidak bisa hanya dikarenakan satu factor, selain karena factor cuaca bisa saja karena faktornya pada kerusakan mesin atau pilot dalam mengatasi situasi darurat tersebut. Untuk mengetahui penyebab secara keseluruhan membutuhkan waktu tiga bulan sampai satu tahun. sebetulnya setiap pesawat sudah didesain untuk mengantisipasi kondisi darurat. Selain kemampuan otorotasi, kemampuan atau keterampilan pilot juga berpengaruh ketika mengantisipasi kondisi darurat. Kalau pilot terampil, walaupun mesin mati tetapi seharusnya masih bisa mengantisipasi pendaratan darurat. Dan seharusnya sebelum melakukan pendaratan, harus ada pengecekkan pada landasan untuk pesawat tebang. Jadi, seharusnya para maskapai penerbangan harus tetap memperhatikan dan menjalankan aturan-aturan yang harus di penuhi.

0 komentar: