:: BE YOUR SELF :: Cara Gampang Jadi Diri Sendiri .

 Orang sering banget bilang BE YOUR SELF .. Tapi gimana caranya ?? .. dan aku baru sadar selama ini aku belum jadi diri sendiri tapi sekarang aku tahu bagaimana caranya jadi diri sendiri dan aku juga mulai menerapkannya .. Jadi diri sendiri itu, kita akan nyaman berada dibalik kulit kita sendiri soalnya jadi diri sendiri itu berarti mengenal dan menyukai diri sendiri .. yang kita perlukan cuma PEDE, tahu kemana kita mau melangkah dan bisa selalu happy .. jika selama ini kita menunjukkan pribadi terbaik yang asli pada teman-teman, maka kita yakin bahwa diri kita yang disukai .. Bukan karena sosok lain yang kita tirukan .. Maka kita bisa santai jadi diri sendiri ..
Oke , bagaimana cara tahunya kalau kita benar-benar jadi diri sendiri ? Pertama ingat, kalau jadi diri sendiri itu sebuah proses bukan tujuan .. Kita bisa mulai dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri ..

Siapa kita ??
                Nilai-nilai apa yang kita punya, kita yakini, dan kita anggap penting .. Apa yang kita suka ?? .. Bagaimana kita menghabiskan waktu kita ?? .. Apa yang kita pedulikan dalam hidup ?? .. Apa kata yang tepat untuk menggambarkan diri kita ?? ..

Garis Batas
                Cari tahu keterbatasan kita .. Apa yang cocok untuk kita dan apa yang nggak  ?? .. Apa yang pantas kita dapatkan ?? .. dan mana yang kita butuhkan dari berbagai seni (diri sendiri, pertemanan, social, dan sebagainya)

Penerimaan Diri
                Bagian dari menjadi diri sendiri adalah menerima diri kita, dari segi yang baik dan buruknya .. Karena tiap manusia sisi bayangan (daerah abu-abu .. tahu kan ??) .. Ada perasaan iri, cemburu, rasa bersalah, marah takut, dan sebagainya .. Kita nggak bisa nolak sifat buruk itu tapi kita juga nggak bisa jadiin sifat buruk itu sebagai alasan untuk menyakiti orang lain ..
                Nihh aku kasih tau cara buat jadi diri sendiri ..
  • Nikmati keunikan diri .. Misalnya kita berambut keriting, tidak lurus seperti yang lagi trend, tapi kita bisa cari cara-cara tampil cantik atau ganteng dengan rambut keriting .. Justru dengan yakin tampil lain dari yang lain karena keunikan kita .. percaya dehh kita pasti mencintai diri kita dan bahagia jadi diri sendiri ..
  • Tahu mana yang kita sukai dan tidak ..
  • Menyukai apa yang kita lihat dicermin .. Misalnya pas ngaca kita lagi jerawatan .. terima aja jangan malah ngedumel sendiri .. Dengan tidak berbicara negative tentang diri, kita mulai belajar mencintai diri kita ..
  • Berdandanlah persis seperti yang kita suka bukan seperti yang lagi ngetrend di kalangan temen-temen ..
  • Pikirkan segala hal yang membuat kita bahagia .. ini salah satu cara mengetahui garis batas diri kita dalam hal be your self ..
  • Lakukan sendiri sesuatu yang kreatif .. Pekerjaan kreatif salah satu cara menemukan keunikan diri, pengenalan kemampuan diri .. Pasti setelah melakukan pekerjaan yang kreatif biasanya akan timbul rasa puas dan senang pada diri sendiri ..
  • Maafkan diri sendiri untuk semua kesalah yang pernah kita lakukan .. ini bagian dari penerimaan diri ..
  • Katakan sesuatu yang manis untuk diri sendiri tiap hari ..
  • Mulailah tiap hari dengan rasa syukur .. 
  • Impikan segala impian besar kita, dan yakinlah suatu hari akan jadi kenyataan .. 
  • Tentukan satu hari sebagai hari kita, dan lakukan apa yang kita mau pada hari itu .. 
  • Lakukan kebaikan untuk teman kita atau orang lain .. 
  • Baca buku yang bagus .. hemm hal ini nih yang bikin aku bisa nulis blog tentang masalah ini soalnya dengan baca buku secara nggak langsung kita tuh bisa mengeksplorasi siapa diri kita .. makin tahu nilai-nilai kita, didorong untuk berfikir positif dan akhirnya kita bakal tahu deh jati diri kita seperti apa ? 
  • Lakukan kegiatan olahraga .. tapi jujur aku sih jarang ngejalaninnya tapi buat aku olahraga bisa meningkatkan kePEDEan kita .. 
  • Ketika dipuji jangan lupa ucapkan TERIMA KASIH ..

0 komentar: