HUH … Lagi SENSI neh .. !!!

Saat sensitifitas kita tinggi, emosi penug gejolak .. kita juga gampang negative thinking .. Gawaaat, hidup jadi nggak nyaman deh .. !!

Ada beberapa hal yang menyebabkan kita jadi lebih sensitive dari biasanya .. Misalnya menstruasi (buat yang cewek) .. Saat itu kondisi hormone estrogen dan progesterone jumlahnya menurun dari biasanya .. keadaan ini mempengaruhi emosi, salah satu akibatnya adalah kita jadi lebih mudah tersinggung .. Padahal hal yang kita rasakan menyinggung perasaan itu belum tentu benar ..
Kalau dibiarkan terus, kadar sensitive kita akan makin meninggi .. Hidup kita jadi ribet .. Untuk itu kita perlu mengurangi rasa sensi yang berlebihan ini .. Caranya ::

SADAR DIRI
Kalau kita merasakan sensitifitas kita meninggi, segera tandai .. Misalnya ada teman yang bilang kalau si A memang murah hati karena sebagai anak baru dia mau nraktir teman sekelas .. Sehabis mendengar perkataannya, kita merasa kalau teman itu menyindir kita ..

CARI PENYEBABNYA
Kita cari apa yang menjadi penyebabnya .. Misalnya saja ternyata saat ini kita sedang menjelang menstruasi .. Kalau sudah tahu kita nikmati perasaan itu sejenak .. Kemudian ambil cermin dan bicaralah kepadanya .. Katakan, “Yee gue lagi pms ..”  Ucapkan berkali-kali .. Kita akan ingat kalau lagi potensial sensitive mau muncul, bisa langsung menyadari, dan cepat mengendalikannya ..

TIDAK NEGATIF THINKING
Cobalah untuk tidak punya pandangan negative tentang apa saja yang kita jumpai .. tapi kalau perasaan ini muncul juga , carilah kemungkinan positif lainnya ..Misalnya teman sebangku pergi ke kantin sama teman lain .. Jangan berfikir dia meninggalkan kita dulu .. Sebab bisa saja teman lain akan curhat sama teman sebangku kita ..

PERLUAS GAUL
Kalau area gaul kita luas *haha, kita akan kaya pengalaman .. Kita akan ketemu berbagai sikon, bahkan juga gesekan-gesekan konflik .. Lama-lama kita punya banyak refrensi untuk dapat membedakan mana saja yang harus dimasukkan kehati dan tidak .. Kita kan bisa memikirkan apa saja yang lebih penting ..

0 komentar: